Moderenisasi Pada NTUC Income

Assalamualaikum wr.wb

hallo gaes apakabar? Sudah lama nggk posting, rasanya kangen juga balas komentar-komentar diblog kaya awal ngeblog tapi dunia perblogan sudah tak seperti dulu lagi, sudah banyak yang ah lupakan saja hahaha. Sebenarnya punya banyak bahan untuk diposting tapi berhubung kesibukan kuliah postingan kali ini bisa jadi bukti dan laptop rusak jadi foto-fotonya belum bisa diselamatkan. Well, kali ini bukan tentang jalan-jalan tapi tugas kuliah, semoga berguna dan mohon maaf bila ada salah kata

salah satu foto yang masih selamat karena ada backupnya

salah satu foto yang masih selamat karena ada backupnya, contoh kasus DRP kurang baik :mrgreen:

Modernisasi pada NTUC Income

NTUC Income merupakan salah satu perushaan asuransi terbesar di Singapura, mereka memunya lebih dari 1,8 juta klien dan total asset $21,3 miliyar. NTUC Income mempekerjakan 3.400 agen asuransi dan 1.200 staff. Tahun 2003 NTUC Income sukses mengimplementasikan system berbasis digital. Peningkatan ini tidak hanya butuh memperbarui hardware dan software tapi juga menyelaraskan proses bisnis lama dengan praktek IT.

Beberapa tahun lalu proses asuransi NTUC Income masih berbasis kertas. Pertama klien bertemu dengan agen kemudian mengisi formulir yang harus dikirim menggunakan kurir ke bagian pelayanan. Bagian pelayanan akan memporses formulir kemudian mengirim untuk disetujui. Formulir yang sudah disetujui akan diprint kemudian di distribusikan kembali. Semua dokumen original akan di simpan di gudang

Ditahun 2002, walaupun di upgrade secara periodic HP 3000 yang menjadi aplikasi asuransi akutansi dan system informasi manajemen tetap sering bermasalah. Ketikan system bermasalah pekerjaan akan terhenti walaupun data dapat dikembalikan. System backup HP 3000 hanya bisa mengembalikan data dari hari sebelumnya, ini artinya perushaan harus membackup setiap hari atau perusahaan akan beresiko kehilangan data penting. Satu hardware bermasalah butuh berbulan-bulan untuk mengembalikan data yang hilang. Dari pengalaman untuk menyelesaikan kegagalan tiga hardware utama HD 3000 membutuhkan waktu hingga enam hari.

Itu semua tidak cukup, program COBOL yang dikembangkan pada tahu 1980an yang digunakan oleh NTUC Income juga bermasalah beberapa kali. Tim IT mengembangkan juga COBOL baru rumit dan waktu untuk peluncuran produk baru membutuhkan waktu dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Pada waktu yang sama transaksi untuk persetujuan policy tetap dengan proses batch dan informasi tidak bisa diakses kapan saja. Ketika staff memproses klien baru untuk salah satu asuransi mereka tidak tau apakah klien tersebut sudah terdaftar dijenis asuransi lain di NTUC Income.

Semua berubah Juni 2003, ketika NTUC Income mengganti dari eBao Technology ke Java berbasis eBao LifeSystem. Software ini mempunya tiga subsistem, Policy Administration, Sales Management, dan Supplementary Resources- serta memenuhi kebutuhan perusahaan, dari desain klien orientasi ke barcode dan bisa merubah proses bisnis.

Implementasi bermula pada September 2002 dan setelah Sembilan bulan pada Mai 2003, semua proses migrasi data individu dan grup asuransi diselesaikan.

System baru dioprasikan langsung dalam kemampuan tinggi. Semua aplikasi mempunya dua atau lebih server yang terkonesi dua atau lebih jalur komunikasi. Desain ini mengurangi kegagalan hardware dan system operasi.

Sebagai bagian implementasi eBao, NTUC Income mengganti seluruh alat IT dengan yang lebih kuat dan terstruktur. Contohnya monitor diganti menjadi 20in, ram di tingkatkan menjadi 128MB, kabel LAN diganti yang lebih cepat yaitu dengan fiber optic.

NTUC Income juga merombak rancangan penanggulangan bencana ( business continuity and disaster recovery plan ) mereka. Disaster-recovery center diimplementasikan untuk membackup setiap saat, alat ini selalu beroprasi. Data ditrasmisikn secepatnya dari data center ke alat backup. Ketika data center tidak dapat beroprasi akan langsung dialihkan ke disaster-recovery center.

Berpindah kesistem tanpa kertas bukan perkara yang mudah. NTUC Income harus membuang semua kertas catatan, termasuk dokumen legalitas. Dibawah system baru semua dokumen di scan dan disimpan dialat penyimpanan terpecaya. NTUC Income harus memberikan pelatihan pada karyawannya untuk merubah bagaimana mereka bekerja di system yang baru.

Hasilnya, sebanyak 500 staff dan 3400 agen asuransi bisa mengakses informasi kapan saja dan dimana saja. Para staff menikmati akses yang cepat untu mengases informasi hampir sama cepat ketika mereka mengakses dari kantor.

Ini membuat NTUC Income bisa meliha ringkasan setiap klien dengan perbedaan produk dan bisnis area. Hasilanya perdagangan silang menjadi lebih mudah, pelayanan untuk klien bisa ditingkatkan. Proses policy menjadi lebih singkat dan membutuhkan biaya kurang dari setengahnya serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mendesain dan meluncurkan produk baru.

Gambaran Kasus

Tahun 2003, NTUC Income, salah satu perusahaan asuransi terbesar di Singapura melakukan moderenisasi system mereka dari yang semula masih menggunakan kertas diubah menjadi berbasis digital. Perubahan ini membawa dampak besar bagi NTUC Income terutama dalam hal pelayan pada pelanggan dari semula untuk pengajuan asuransi baru membutuhkan waktu hingga 7 hari menjadi bisa hanya 1-2 hari. Tidak hanya efisiensi dalam penggunaan waktu tapi juga biaya dan kerja karyawan. Perubahaan yang mengadopsi eBao LifeSystem ini juga menjadikan penanggulangan terhadap bencana dan kerusakan lain lebih cepat dan dampaknya bisa diminimalisir.

 

Poin Penting

  • NTUC Income merupakan perusahaan asuransi besar yang memiliki 1,8 juta pelanggan, 3400 agen asuransi dan 1200 staff
  • Pada system lama perusahaan memerlukan waktu yang lama untuk melayani pelanggan dan rentan terhadap kegagalan system.
  • Dengan system yang baru menjadikan lebih efisiens dan lebih tahan terhadap gangguan.

 

Landasan Teori

Implementasi system adalah proses penerapan suatu system yang baru agar bisa berjalan dan beroprasi dengan baik. Implentasi system memiliki tiga tahap yaitu rencana implementasi, kegiatan implementasi dan tindak lanjut implementasi.

Disaster Recovery Plan (DRP) atau bisaa juga disebut business continuity plan (BCP) adalah racangan suatu organisasi dalam menghadapi bencana baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan manusia, disengaja maupun tidak disengaja. DRP berisi bagaimana untuk meminimalisir dampak yang terjadi karena bencana dan membuat pemulihan kembali setelah bencana lebih cepat dan terarah.

Pembahasan

NTUC Income memulai implementasi system baru pada September 2002 yang diselesaikan setelah Sembilan bulan pada Mei 2003 yang kemudian mulai digunakan pada bulan Juni 2003. Implementasi eBao LifeSystem ini berhasil menjadikan proses bisnis NTUC Income lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya. Saat masih menggunakan HP 3000 untuk menerima pelanggan baru memerlukan waktu hingga 7 hari dan dengan teknologi yang baru ini bisa dipersingkat. System yang baru ini tidak hanya menjadikan pelayanan pada pelanggan meningkat tapi juga memudahkan para karyawan. Dahulu agen asuransi tidak bisa mengecek informasi apakah calon pelanggan sudah terdaftar untuk asuransi lain atau belum dan saat ini mereka bisa mengecek dimana saja dan kapan saja dengan mudah.

Selain mengimplementasikan system yang baru NTUC Income juga merombak Business Continiuty and disaster recovery plan merekan, Ketika menggunakan system yang lama sangat rentan terjadi masalah dan kegagalan system yang untuk memperbaikinya serta mengembalikan data butuh waktu yang lama. Saat ini data sudah terback up dengan cepat di dua atau lebih server, sehingga ketika terjadi masalah pada salah satu system bisa langsung dialihkan ke system yang lain.

Pengimplementasian system yang baru ini tidaklah murah selain harus memperbarui peralatan IT mereka ke alat yang lebih memadai mereka juga harus melakukan pelatihan pada karyawan agar bisa sesuai dengan system yang baru. Walaupun memerlukan biaya yang mahal system yang baru ini berhasil menjadikan proses bisnis NTUC Income lebih efisien sehinggan bisa membuat pelanggan lebih nyaman dan karyawan tidak perlu membuang buang waktu untuk menunggu dan mencari informasi.

 

Kesimpulan

Pengimplementasian eBao LifeSystem pada perusahaan Asuransi NTUC Income berhasil menjadikan proses bisnisnya menjadi lebih efisien dari segi biaya, waktu dan pekerjaan. Selain itu system yang baru ini lebih siap untuk menghadapi bencana yang bisa dating sewaktu-waktu. Walaupun implementasi system baru ini memerlukan waktu hingga Sembilan bulan dan biaya tidak sedikit untuk pembelian peralatan baru serta pelatihan bagi karyawan tapi sukses menjadikan perusahaan yang lebih efisien.

Terimakasih sudah datang, Wasalamualaikum Wr.wb

 

Advertisements

One thought on “Moderenisasi Pada NTUC Income

  1. itu foto siapa mas puguh? staff baru?

    kalo asuransi gitu diasuransikan nggak sih mas puguh? mengingat apa saja yang jadi resiko mereka, soalnya banyak kebijakan yang mensyaratkan asuransi resiko. ibaratnya bank, walau mereka meminjamkan uang pada nasabah kan mereka juga meminjam uang pada bank sentral atau bank federal. nah kalo perusahaan asuransi itu diasuransikan, lalu siapa yang mengcover perusahaan yang mengcover perusahaan asuransi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s